header hapsari adiningrum

5 Tips Mudah dan Murah Mengusir Bad Mood

 

Ibu Rumah Tangga Rentan Bad Mood

Sebagai ibu rumah tangga yang juga menjalani peran sebagai kepala keluarga memang melelahkan. Perasaan itu saya akui dan saya terima. Kadang saya merasa semangat, bahagia dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik namun pada suatu saat juga bisa merasa lelah, tidak semangat menjalani aktivitas dan rasanya lebih mudah marah. 

Bad mood atau mood yang jelek menjadikan saya nggak bisa produktif. Tidak bisa menulis atau hanya sekedar beberes rumah. Kalau hal ini dibiarkan terus menerus tentu saja akan berakibat buruk. Pekerjaan. terbengkalai, rumah berantakan dan kalau marah-marah nggak jelas ke anak-anak kasihan mereka yang tidak salah apa-apa jadi kena dampaknya. 

Usir Bad Mood Cara Mudah

Beberapa kali merasakan bad mood membuat saya berpengalaman bagaimana cara mengusirnya agar tidak berkepanjangan. Caranya cukup mudah, murah dan bisa dilakukan di dalam rumah saja kok. 

Make Up

Dandan atau mempercantik diri dengan kosmetik ternyata bisa mengatasi bad mood loh. Mengoleskan foundation, menaburkan bedak ke muka, membuat alis lebih tegas dan memoles bibir dengan lipstik dapat membuat perasaan lebih bahagia. Walaupun nantinya nggak keluar rumah, nggak ada acara apapun tapi setelah dandan biasanya saya suka foto-foto dan menguploadnya di media sosial. Lumayan kan bisa dapat konten. 

Olahraga

Olahraga memang punya banyak manfaat. Itu sudah diakui oleh berbagai pakar kebugaran dan kesehatan. Dengan olahraga hormon endofrin akan keluar. Hormon ini membuat perasaan menjadi senang atau bahagia. Banyak kok olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah misalnya senam, yoga, ABS atau workout. Cukup lakukan selama 15-30 menit saja sudah keluar keringat dan setelah itu bad mood berubah jadi good mood.

Beribadah

Sebagai seorang muslim, salat merupakan cara untuk menenangkan pikiran. Mengadukan segala keluh kesah kepada Allah Subhanallahu Wa'Taala membuat hati jadi lebih tenang. Kadang saat beribadah kita bisa nangis dan mengeluarkan segala uneg-uneg yang mengganjal hati. Ibadah lainnya yang bisa menghilangkan bad mood dengan cara zikir dan membaca Al Qur'an

Menonton drakor atau film favorit

Mengusir bad mood dengan cara murah, mudah dan cukup dilakukan dengan rebahan di dalam rumah yaitu nonton. Saat ini sih saya lebih suka nonton drakor (drama Korea) on going Under The Umbrella Queen. Ceritanya tentang Ratu pada jaman Joseon dimana putra pertamanya yang merupakan penerus tahta kerajaan meninggal pada usia muda. Ratu juga memiliki 4 putra lainnya dan berharap salah satu putranya menjadi putra mahkota. Walaupun cerita bikin deg-degan karena ada intrik dari ibu suri dan para selir tapi ada juga adegan lucu dari para pemain utama. Nonton drakor bisa bikin saya tertawa dan bad mood jadi hilang. 

Mendengarkan musik



Cara ini juga cukup efektif mengatasi bad mood. Karena selera saya musik tahun 2000an awal jadi saya suka mendengarkan musik dari grup sheila on 7, Letto dan Dewa. Saat dengerin musik kemudian ikut nyanyi, walaupun dengan suara fals bisa membangkitkan mood. Jadi lebih semangat dan bahagia.

Menulis atau atau mengekspresikan isi hati

Writing is healing. Setuju sekali dengan kata ini. Menulis adalah menyembuhkan. Karena nggak punya pasangan hidup jadi kadang saya kesulitan buat bercerita mengeluarkan keluh kesah. Mau curhat sama teman atau tetangga kadang ada perasaan sungkan , takut ngerepotin atau malu. Nah menulis ini bisa jadi mengusir bad mood. Menulis diary lebih bagus lagi karena saya pernah membaca jika rutin menulis diary akan meningkatkan daya ingat dan membuat hidup jadi lebih indah dan bahagia. 

Selain menulis, saya juga suka mengekspresikan isi hati dengan bicara di depan kamera dan merekamnya. Walaupun nggak ada yang mendengarkan atau tidak diupload di sosial media tapi setelah ngomong di depan kamera ini jadi lebih plong dan lega. Bad mood berganti jadi mood yang lebih baik. 

Nah, ini 5 tips cara murah dan mudah mengusir bad mood. Yang paling penting menurut saya adalah perasaan lelah, bad mood ini kita terima dan rasakan. Wajar saja kok karena tidak selamanya hidup berjalan dengan mulus. Dengan merasakan dan menerima perasaan sedang tidak baik-baik saja maka nanti bisa dicarikan solusinya. 

Semangat ya teman-teman. Semoga yang lagi bad mood jadi lebih semangat dan bahagia setelah melakukan aktivitas tersebut. 

Hapsari Adiningrum
Melihat Arfa kecilku tumbuh berkembang dimana aku adalah saksi pertamanya adalah hal yang paling menakjubkan dalam hidup. Arbaca adalah segalanya, namun PemilikNya lebih utama. Memiliki tiga buah hati dan berharap dapat membersamai mereka hingga dewasa. Seorang ibu yang ingin selalu belajar tentang apapun sampai kapanpun.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar