header hapsari adiningrum

Tips Mengajak Anak Menonton Pertandingan Olahraga di Stadion

 


Teman-teman peristiwa 1 Oktober 2023 lalu yang terjadi di Stadion Kanjuruhan membuat kita semua tercengang. Dari data terakhir yang diberitakan ada 200 orang lebih yang meninggal dunia. Bahkan, beberapa diantaranya ada anak-anak Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un. Ijinkan saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam untuk para korban dan semoga keluarga yang ditinggalkankan diberikan kesabaran dan kekuatan.

Bagi teman-teman yang suka olahraga dan mengidolakan atlet atau klub olahraga kesayangannya, tentu saja saat mereka bertanding ingin menonton dan memberi dukungan.

 Namun ada anak yang bisa ditinggal. Gimana ya, mau dititipin ke saudara atau tetangga tapi ada rasa sungkan atau tidak ada yang bisa menjaga anak. Nah, bagi para orangtua yang ingin mengajak anak menonton pertandingan olahraga di stadion, ada beberapa tips yang bisa disimak.

Pertama, pesan tiket jauh hari dan pilih kursi yang berdampingan. Beberapa stadion menerapkan pembelian tiket sendiri bagi anak -anak yang tingginya lebih dari 90 cm. Kurang dari 90 cm, anak-anak tidak perlu beli tiket. Jadi mereka bisa dipangku atau digendong. Pesan tiket jauh hari sebelum pertandingan dimulai akan membuat kita mudah menentukan mau pilih tempat duduk di mana. Anak-anak juga bisa dipesankan tempat duduk yang berdampingan dengan kita sebagai orangtuanya agar mudah diawasin. 

Kedua, jika anak masih balita dan perlu digendong, pastikan untuk membawa gendongan ya. Agar saat mereka tertidur saat pertandingan, maka teman-teman bisa tetap menonton. 

Ketiga , membawa cemilan dan mainan favorit. Puding, coklat, snack ringan atau biskuit yang jadi cemilan anak wajib dibawa saat mengajaknya. Jadi jika anak rewel karena lapar, teman-teman tidak perlu panik atau mencari makanan di luar stadion.

Ketiga, membawa mainan favorit juga akan membantu ketika anak bosan, biasanya jadi mudah rewel. Menghindari hal ini, teman-teman bisa membawakan mainan kesukaannya.

Keempat, pakaian yang nyaman. Nonton bola sih lebih afdol kalau pakai Jersey dengan nama klub atau atlet kesayangan ya. Namun perlu dipikirkan lagi jika mau mengajak anak. Pakaian yang nggak nyaman akan membuatnya rewel. Jadi lebih baik pakai baju yang nyaman biar anak juga tenang selama menonton pertandingan.

Kelima, datang dan pulang lebih awal. Datang mendekati jam pertandingan tentu saja akan membuat kita akan berdesak-desakkan dengan penonton yang lain. Untuk mencegah hal ini, teman-teman bisa mengajak keluarga untuk datang 1 jam sebelum pertandingan dimulai.

Keenam, pakai transportasi umum. Sebaiknya jangan pakai kendaraan pribadi karena pasti akan sulit menemukan tempat parkir. Apalagi jika yang bertanding timnas atau klub olahraga kota kita. Daripada kesulitan menemukan tempat parkir dan sulit keluar saat pertandingan selesai, lebih baik gunakan transportasi umum saja.

Ketujuh, perhatikan keamanan dan kenyamanan anak. Menonton pertandingan olahraga di stadion tentu saja kita akan bertemu dan berkumpul dengan ratusan bahkan ribuan penonton yang lain. Yang paling penting adalah memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak. Jangan sampai kita terlalu asyik menonton hingga anak mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. Misalnya ada penonton yang merokok di dekat anak. Beberapa stadion menerapkan aturan dilarang merokok di dalam stadion. Jadi, kita bisa menegur penonton yang merokok.

Nah, ini beberapa tips dari saya agar teman-teman yang suka nonton ketika klub olahraga kesayangan bertanding. Semoga bermanfaat dan semoga semua suporter olahraga Indonesia selalu diberikan kesehatan dan keamanan saat menonton.


Hapsari Adiningrum
Melihat Arfa kecilku tumbuh berkembang dimana aku adalah saksi pertamanya adalah hal yang paling menakjubkan dalam hidup. Arbaca adalah segalanya, namun PemilikNya lebih utama. Memiliki tiga buah hati dan berharap dapat membersamai mereka hingga dewasa. Seorang ibu yang ingin selalu belajar tentang apapun sampai kapanpun.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar