header hapsari adiningrum

Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan Dari Dapur Kobe, Anti Pusing Dan Anti Ribet

 


Belajar Puasa

"Mama, hari ini kita buka puasa pakai apa?" tanya Caca. Anak saya yang duduk di kelas dua sekolah dasar ini memang sedang belajar puasa. Dia puasa setengah hari alias makan saat azan Zuhur kemudian berhenti makan dan minum dilanjutkan puasanya sampai nanti azan Maqrib. Jika ada yang bertanya kok sudah kelas dua sekolah dasar belum bisa puasa full seharian?. Iya karena memang saya tidak memaksanya untuk bisa puasa full sehari, tergantung kemampuannya. Dan sebenarnya tidak ada patokkan usia berapa anak berpuasa.

Masak Apa Ya Hari Ini...

Sudah hari ke-8 Ramadan nih, rasa-rasanya semua resep andalan sudah keluar semua. Dari takjil berupa kolak, es degan, es campur, es buah lalu ada bakmi jowo, capjay dan ayam goreng ungkep. Bingung juga ya ternyata merencanakan dan menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Pas selesai sahur udah mikir nanti menu buka puasa, selesai buka mikir nanti sahur masak apa. Gitu aja terus sampai nanti lebaran.

Paling praktis sih jajan di luar ya atau beli takjil di pujasera pasti banyak banget jenis makanan yang dijual. Sesekali nggak ada masalah, tapi kalau tiap hari jajan bikin boros. Saya juga lebih senang menyiapkan menu sahur dan buka puasa ala rumahan. Lebih hemat, lebih higenis dan tentu saja lebih mempererat ikatan kasih antara antara ibu dan anak. Apalagi kalau selesai makanan ada pujian " masakan mama paling lezat", langsung deh hati jadi meleleh. Bahagia banget rasanya.

Menu 30 Hari Bulan Ramadan


Pas bingung mau bikin menu buat buka puasa, saya selancar di dunia maya dan menemukan website dapur Kobe. Teman-teman pasti udah nggak asing dengan tepung bumbu Kobe. Banyak yang mengira jika asal tepung ini dari Jepang, ternyata asalnya dari Semarang lho. Saya yang asli Semarang juga baru tahu.

Kobe ternyata berdiri sudah lama,yaitu sejak 1979 dan awalnya dari industri makanan rumahan.  Produk Kobe yang pertama adalah tepung bumbu jadi sudah terkenal dengan istilah Kobe, tepung bumbu pertama di Indonesia. Kobe sendiri berasal dari Kata Orang Banyak Enak dan memiliki tagline Kobe ahlinya tepung bumbu.

Senang sekali rasanya menemukan link Inspirasi Menu 30 Hari Ramadhan. Pertama baca resep  langsung suka karena semua bahan makanan yang ditulis di resepnya sangat mudah didapatkan, selain itu resepnya juga mudah dibikin. Masak sahur memang perlu waktu yang cepat ya, kalau kelamaan nanti tahu-tahu udah imsak dan azan Subuh. Asyik memang website dapurkobe.co id ini, saya bisa memperkirakan bahan-bahan makanan apa saja yang harus dibeli dalam jumlah banyak sebagai stok. Jadi tak perlu bolak-balik belanja nanti mau  makan apa. Selain itu hasil masakannya juga lezat. Lho memang tahu dari mana nih? Jelas tahu dong karena saya sudah recook. Dan ini hasil recook saya.

Kali ini saya mau bikin keripik tempe yang simple namun rasanya enak banget dan bikin nagih. Anak-anak suka banget cemilan atau lauk yang kriuk-kriuk.

Keripik Tempe Kobe



Bahan-bahan yang dibutuhkan

* Setengah Papan Tempe

* Kobe Tepung Tempe Kriuk 70 gr

* Air Sebanyak 125 ml

* Daun jeruk sebanyak 3 lembar, lalu       iris halus

* Minyak goreng sebanyak 500 ml

Cara membuat Keripik Tempe Daun Jeruk

1. Iris tipis tempenya dan langsung goreng sampai matang dan kering, lalu tiriskan.

2. Aduk 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan 125 ml air, lalu aduk hingga tercampur rata.

3. Masukkan irisan daun jeruk, lalu aduk rata kembali.

4. Celupkan potongan tempe yang sudah  digoreng dalam adonan.

5. Panaskan minyak dan goreng adonan sampai berwarna kuning kecoklatan.

6. Setelah itu, angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu.

7. Jika sudah dingin, bisa disimpan dalam toples.



Recook dan Recook Everyday


Ini dia hasil recook masakanku untuk buka puasa yang aku intip di Inspirasi
Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Menu ini jadi kesukaan Caca dan kesukaan mama karena dimasaknya simple banget. Hasil masakkan lezat sekali dan jadi menu favorit sekeluarga karena pakai produk Kobe .Jadi nggak bingung lagi mau masak
apa besok, karena aku udah print dan pajang menu 30 harinya di dapur.  Rasanya tiap hari pengen recook, recook dan Recook lagi. Bikin nagih euy resep-resepnya. Yuk
intip linknya  disini   teman-teman khususnya mama-mama hebat yang siaga nyiapin menu sahur dan buka juga
harus punya resep-resepnya ya! Selamat mencoba. Kalau sudah memasak resep yang ada di link di atas, jangan lupa ceritakan di kolom komentar ya. 

Hapsari Adiningrum
Melihat Arfa kecilku tumbuh berkembang dimana aku adalah saksi pertamanya adalah hal yang paling menakjubkan dalam hidup. Arbaca adalah segalanya, namun PemilikNya lebih utama. Memiliki tiga buah hati dan berharap dapat membersamai mereka hingga dewasa. Seorang ibu yang ingin selalu belajar tentang apapun sampai kapanpun.

Related Posts

Posting Komentar