header hapsari adiningrum

Tiga Buku Favorit Yang Penuh Inspirasi

1 komentar
Membaca buku yang baik berarti juga memberi rohani makanan yang baik~Buya Hamka. Aku suka banget dengan quote ini, karena buku-buku yang kita baca sejatinya dapat mempengaruhi kehidupan dan kualitas rohani kita sebagai pembacanya. Buku tidak hanya sebagai teman duduk atau penghilang rasa jenuh ketika menunggu. Lebih dari itu, buku bisa mempengaruhi pola pikir seseorang, seperti misalnya Budayawan, penulis motivator dan tokoh Masyarakat Semarang Pak Prie GS terinspirasi dari buku karya Rendra yang berjudul “Mempertimbangkan Tradisi”. Nah, ternyata memang benar, jika buku dapat menginspirasi dan mengubah pola pikir seseorang seperti tulisan Mak Sugi, yang bisa teman-teman baca disini ya. 

Buku yang ditulis oleh para pria beristri dan beranak yang follower twitternya ribuan orang ini heboh banget ngetweet tentang seluk beluk asi. Dari cuitan inilah mereka menerbitkan buku yang berjudul “Ayah Asi”. Ini adalah buku yang membuatku ingin menjadi penulis buku asi. Jika banyak pertanyaan tentang asi dan.menyusui bisa dilontarkan kepada para bapak-bapak dan mereka dengan lihai dan kocak menjawab menjawab persoalan tentang tetek #ups maka aku, yang pada saat itu sudah memiliki dua anak juga ingin berbagi pengalaman. 


Banyak yang mengira bahwa menyusui itu gampang dan alami, ternyata penuh tantangan dan perlu dukungan. Banyak yang berpikir bahwa menyusui hanya sekedar menyodorkan payudara ibu maka bayi akan dengan sendirinya menyusu, namun dalam praktiknya perlu banyak ilmu dan perjuangan. Buku asi yang merupakan buku solo perdananku mengulas banyak hal diantaranya menyusui bayi kembar, menyusui bayi prematur, hamil saat menyusui, donor asi dan lain sebagainya. Melalui buku inilah aku terinspirasi untuk berbagi semoga dengan hal ini jadi salah satu ladang pahala untukku ya. Aamiin. Jika ada yang mau, masih ada stock lho. Silakan hubungi aku ya. 

Buku “Fiqh Wanita” terbitan Pustaka Al.Kautsar ini hadiah dari seorang sahabat. Awalnya saya sering nanya tentang berbagai hal yang aku belum ketahui hukumnya. Misalnya, saat keguguran usia dibawah 8 minggu, maka darah yang keluar dianggap darah nifas atau bukan?. Ternyata bukan lho, itu darah atau flek saat keguguran dengan usia kandungan dibawah 8 minggu dianggap bukan nifas dan ibu tetap wajib salat serta ibadah wajib lainnya, seperti puasa saat Ramadan. Trus aku juga sering galau kalau pas menyusui boleh nggak cuma bayar fidyah saja tanpa harus mengganti puasa di hari yang lain. Iiissh emak, cuma pengen enak. Nggak bisa dong, puasa tetap harus diganti dengan hari yang lainnya atau istilahnya Qodo. 

Banyak banget ilmu tentang fiqh bagi kaum wanita yang bisa kita dapatkan di buku ini.  Buku “Fiqih Wanita” ini berisi antara lain mengenai wudhu, haid dan nifas, mandi, salat, jenazah, puasa, haji dan umrah, nikah, talak dan banyak hal lainnya. 

Dan inilah buku yang paling ngegemesin dan salah satu yang aku suka. Buku “Anak Kos Dodol” yang ditulis oleh teman baikku “Dewi Rieka” ini memang bener-bener gokil. Penulisnya juga asyik, ramah dan sering banget berbagi hal tentang kepenulisan.

Aku dan mak dedew, sapaan akrabnya memang berdomisili di daerah yang sama dan sering ketemu. Membaca buku ini, bikin aku pengen nulis cerita humor dan setelah mencobanya ternyata memang nggak mudah. Oiya, teman-teman juga bisa membaca tulisan mak Sugi yang suka buku sejarah. 

Oiya, sedikit intermezo, aku sekarang sedang memggarap buku solo tentang kehidupan single mom yang penuh lika-liku. Awalnya aku pengen cerita kalau nggak hanya penuh duka dan air mata saja namun hidup seorang ibu tunggal juga kadang ada cerita lucu dan mengundang gelak tawa saat aku sendiri mengalaminya dan menceritakan kepada orang lain. Namun ketika mencoba menulisnya, aku malah macet dan nggak bisa meneruskan. Akhirnya ide yang sudah ada aku teruskan dengan genre yang berbeda. Mohon doanya ya teman-teman semoga buku solo keduaku ini bisa lancar dan segera terbit. Aamiin. 

Nah, bagaimana dengan teman-teman. Buku apa yang paling menarik dan mampu mengubah pola pikir. Silakan beri komentar ya. Terima kasih. 

Hapsari Adiningrum
Melihat Arfa kecilku tumbuh berkembang dimana aku adalah saksi pertamanya adalah hal yang paling menakjubkan dalam hidup. Arbaca adalah segalanya, namun PemilikNya lebih utama. Memiliki tiga buah hati dan berharap dapat membersamai mereka hingga dewasa. Seorang ibu yang ingin selalu belajar tentang apapun sampai kapanpun.

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

  1. Buku adalah teman baik yang tak pernah protes, ya Mak. Asyik aja dibawa kemana-mana tanpa mabuk, tanpa ngomel, tanpa minta cemilan...hehehe. Salam kenal, Mak Hapsari.

    BalasHapus

Posting Komentar