header hapsari adiningrum

Review Buku : Panduan Praktis Muslim

1 komentar

Judul Buku : Panduan Praktis Muslim

Penulis : Fahad Salim Bahammam

Penerjemah : Ganna Pryadharizal

Editor : M. Nurkholis Ridwan

ISBN : 978-602—71647-0-3

Hal : 288 halaman

Ukuran : 24 x 18.5 cm

Cetakan Pertama : 2015

Penerbit : PT. Indo Modern Guide

Harga : Rp. 150.000,-


Suatu saat saya membaca status di beranda Facebook “ Keren nih senior saya, di hutan tetap ingat Salat lima waktu” yang juga disertai foto pria yang sedang sujud di atas sajadah, berseragam menggunakan atribut dan bersepatu. Ada beberapa komentar yang menggelitik keingintahuan saya “lho boleh ya, salat masih pakai sepatu”.  Komentar yang lain tertulis “ tadi saat wudhu apa nggak dilepas itu sepatu?”. Komentar dibawahnya semakin ramai saja menanyakan jika sepatu menginjak kotoran, jadi nggak sah dong Salatnya. Pertanyaanpun tak terjawab entah karena yang menulis status tidak menemukan jawaban atau tidak ada sinyal di hutan.

Pertanyaan-pertanyaan tentang hukum-hukum Islam banyak berhamburan di media sosial. Iya, kalau ada yang jawab dengan benar bisa dapat solusi tapi jika enggak atau malah ada yang nyinyir karena sudah berumur kok gitu aja belum paham. Jadinya dapat malu, kemana saja selama ini. Lalu harus bagimana? Ya belajar dong, banyak membaca buku agama. Tapi masih saja alasan kalau suka malas baca buku fiqh sepertinya berat banget pembahasannya, buku tebal dan bikin ngantuk. Ups... :-D

Ketika pertama kali buku Panduan Praktis Muslim, berada di tangan saya, langsung jatuh cinta. Apa sih kelebihan buku Panduan Praktis Muslim :

Cover Buku Menarik

Sampul bukunya eye catching banget, dengan dasar putih dan potongan-potongan foto membentuk lingkaran membuat beda dengan buku-buku sejenis. Judul “Panduan Praktis Muslim : Prinsip-prinsip Terpenting Syariat tentang Iman. Ibadah dan segenap Aspek kehidupan” bikin hati jadi adem. Nggak sabar untuk melahap semua ilmu yang ada didalamnya.

Isi Lengkap

Ada 12 hal yang akan dibahas dibuku ini.

1.Keimanan
Yang dibahas mengenai makna dan konsekuensi dua kalimat Syahadat, kesaksian bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, Makna Syahadat bahwa Muhammad adalah Utusan Allah, Rukun Iman, Makna Ibadah, Syirik, Beriman kepada Segenap nama dan sifat Allah, Beriman kepada malaikat, Beriman kepada segenap Kitab Allah, Iman Kepada segenap rasul Allah, Akidah umat Islam tentang Nabi Isa, Mengimani kenabian serta kerasulan Muhammad, Sahabat Rasulullah Serta keluarganya yang mulia, Beriman kepada hari akhir, Beriman kepada takdir dan membahas tentang Islam dan aliran sesat.
2. Bersuci
Berisi ; makna thaharah, adab istinja dan buang air, wudhu, hadast besar dan mandi junub serta kebiasaan yang bersifat fitrah atau naluri.
3. Shalat
Membahas tentang makna Shalat, Syarat Salat, Penjelasan Salat, Rukun -rukun dan Wajib dalam Shalat, Shalat berjamaah, Adzan, khusyuk dalam Shalat, Shalat Jumat, Shalat Musafir serta Shalat Orang Sakit.
4.Puasa
Makna puasa, hikmah puasa dan Hari Raya
5. Zakat
Tujuan zakat dan Kekayaan apa saya yang harus dikeluarkan zakatnya.
6. Haji
Keutamaan kota Makkah dan Masjidil Haram, Tujuan ibadah Haji dan berziarah ke kota Nabi.
7. Kematian dan Jenazah.
Hakikat Kematian dan kehidupan, Shalat jenazah dan Berwasiat
8. Akhlak
Kedudukan akhlak dalam Islam dan Keistimewaan akhlak dalam Islam
9. Transaksi Keuangan
Transaksi keuangan, Riba, Ketidakjelasan dan ketidaktahuan, kezaliman dan mengambil harta orang lain dengan tidak benar, Berjudi dan mengundi nasib serta Etika dan transaksi yang dianjurkan dalam Islam.
10.Makanan
Prinsip tentang makanan, etika berburu sesuai syariat serta Etika makan dan minum
11. Pakaian
Pakaian dalam Islam
12. Keluarga
Kedudukan keluarga dalam Islam, Kedudukan perempuan dalam Islam, klasifikasi perempuan dalam perspektif Laki-laki, batasan-batasan interasi antara laki-laki dan perempuan non mahram, Pernikahan dalam Islam, Hak-hak suami istri, poligami, perceraian, hak-hak kedua orang tua dan Hak anak/
13. Dzikir dan Doa

Buku ini benar-benar lengkap isinya mengupas segala sesuatu tentang syariat Islam yang harus diketahui oleh setiap muslim. Dengan bahasa yang ringan dan sederhana mudah dipahami oleh seorang mualaf atau pemula.
Jawaban tentang Shalat Memakai sepatu. Ada di halaman 97


Ilustrasi Full Colour

Setiap halaman berisi foto ilustrasi full colour yang menarik perhatian juga memberi nilai lebih, jadi lebih paham , nggak bikin mata jadi pedes atau mengantuk 

Endorsment dari para tokoh Ulama

Buku Panduan Praktis Muslim ini sungguh diperlukan umat Islam dalam rangka mengaplikasikan keimanan. Karena buku ini menyajikan aspek-aspek syariah yang perlu dipahami oleh setiap muslim dengan cara mudah, sistematis dan menarik. Buku seperti ini perlu dibaca dan diamalkan.

KH. Cholil Nafis, Ph.D
Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PB Nahdhatul Ulama (LBM-PBNU)
Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat
Nah, buku yang bener-bener recomanded ini semoga jadi referensi bagi setiap muslim. Sebagai tambahan info, Buku Panduan Praktis Muslim ini sudah dicetak dengan 22 versi bahasa. Semoga bermanfaat ya.
Hapsari Adiningrum
Melihat Arfa kecilku tumbuh berkembang dimana aku adalah saksi pertamanya adalah hal yang paling menakjubkan dalam hidup. Arbaca adalah segalanya, namun PemilikNya lebih utama. Memiliki tiga buah hati dan berharap dapat membersamai mereka hingga dewasa. Seorang ibu yang ingin selalu belajar tentang apapun sampai kapanpun.

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

Posting Komentar