header hapsari adiningrum

Melatih Anak Gosok Gigi


Gigi arfa sudah tumbuh 12, wahhhh banyak juga ya. Gigi seri 8 (4bawah-4 atas dan gigi geraham udah tumbuh 4). Kalo begini udah saatnya beralih ke sikat gigi, karena sebelumnya mama arfa kalo ngebersihin giginya pakai kapas atau kain kassa yang dibasahi dengan air hangat. Sudah beli sikat gigi untuk anak 1 tahun dan pasta giginya juga (aman bila ditelan), tapi saat pertama susahhhh banget buat buka mulut, kalaupun mau pasti kepalanya geleng2 jadi nya susah buat sikat gigi. Hari kedua dicoba buat ngenalin dl tanpa pakai pasta gigi, mau sihh tp cm bentar mungkin karna dia geli dan belum terbiasa. Tapi tetep semangad kok.


Berikut ini ada beberapa tips melatih anak sikat gigi. Semoga bermanfaat;

Q:dear moms,
mau sharing juga nih, anaku usianya 33 bln tapi saya kesulitan utk mengajari gosok gigi, gimana caranya agar anak tertarik utk gosok gigi, tks?
A1:
aku ngajarin anakku gosok gigi sejak giginya tumbuh 4 biji. memang awal2nya susah diajarin, kadang sampai nangis kejer.
tp terus dikasi tau klo ngga gosok gigi bisa rusak dan harus diobatin ke dokter gigi. dia jg nonton film finding nemo dan ada scene di dokter gigi. dia takut dan ga mau ke dokter gigi. makanya kalau pas waktunya sikat gigi (mandi pagi, mandi sore dan mau tidur) akhirnya kita blg kalo ga mau sikat gigi nanti dibawa ke dokter yg kayak di film nemo. lama2 dia mau…
aku ngajarin sekitar 3 bulan lebih baru dia mau disikatin giginya. kalau dia lagi nangis kejer banget kadang aku stop karena kasian. tp terus aku coba.. skrg siy udah mau buka mulut sendiri dan mau disikatin. anakku sukanya sama spongebob. kebetulan aku dapet sikat gigi spongebob yg bisa nyala2. itu jg membantu bikin dia mau sikat gigi..
mudah2an membantu..
A2:Anak saya dari belum umur 1 tahun sudah dibiasakan gosok gigi, apalagi dia sering melihat kakak dan orang tuanya menyikat gigi. Belikan sikat yang lembut sesuai usia, biasanya merk Oral B ada tertulis untuk usia berapanya. Dan sekarang ini saya suka bilang : gigi nya disikat supaya semut di gigi bersih karena semut suka makan sisa makanan. Anak saya sekarang 2 tahun sudah mengerti dan sudah bisa berkumur dan buang (kumur pakai air matang dan odol untuk Balita
Q: dear moms n dads…
mo tanya nih… baby-ku nadine (2,1 thn) kan udah seneng sikat gigi…
cuma waktu harus kumur2, dia blm bisa buang keluar, pasti ditelen (aku
pake air matang)..
yg aku mo tanyain… bahaya ga ya? hbs aku dah blng “dibuang ya de,
dibuang begini caranya (aku dah ksh contohnya, cuma ttp aja ditelen.)
pls sharingnya ya… coz dia bisa 3 kali sehari sikat gigi (mandi pagi,
mandi sore, jelang tidur malam).
thanks b4.
A: sabar aja ya bu. mungkin nanti lama kelamaan anak ibu akan ngerti dengan
sendirinya. dulu anaku juga seperti itu kok saat menggosok gigi airnya
malah ditelan tapi sekarang sudah bisa membuang air bekas kumur. (tapi
tetap aja masih khawatir jadi masih pakai air matang deh
kumurnya.he.he.he):-) itu semua karena dia kalau mandi suka bareng
tantenya yang berumur 4 tahun jadi saat gosok gigi dia melihat tantenya
jadi suka ditiru deh ma dia cara gosok gigi ma kumurnya. maaf lo bu kalo
ga berkenan.
http://bayikita.wordpress.com/2008/04/16/mengajari-anak-gosok-gigi/
Hapsari Adiningrum
Melihat Arfa kecilku tumbuh berkembang dimana aku adalah saksi pertamanya adalah hal yang paling menakjubkan dalam hidup. Arbaca adalah segalanya, namun PemilikNya lebih utama. Memiliki tiga buah hati dan berharap dapat membersamai mereka hingga dewasa. Seorang ibu yang ingin selalu belajar tentang apapun sampai kapanpun.

Related Posts

Posting Komentar